Wednesday, August 24, 2016

Gempa Bumi 6,2 SR Guncang Italia, Korban Meninggal Terus Bertambah

Oleh Alex JS (for English edition please clik here)

Update: (Pukul 4 sore waktu setempat/9 malam WIB) Immacolata Postiglione, Kepala Agen Perlindungan Sipil Italia, telah menaikan perkiraan korban meninggal dunia menjadi paling sedikit 73 orang (The Associated Press). Ia juga menegaskan bahwa angka tersebut masih tentatif sampai saat ini.

Agen Perlindungan Sipil kini mengkoordinasikan ratusan relawan dari berbagai daerah di Italia termasuk dari Vatikan untuk proses penyelamatan dan penampungan korban. Mereka membangun pemukiman sementara di bawah tenda-tenda darurat untuk menampung ribuan korban gempa yang kehilangan tempat tinggal.

Update: Pada pukul 12 siang waktu setempat (pukul lima sore WIB), Agen Perlindungan Sipil Italia mengumumkan bahwa perkiraan awal jumlah korban meninggal adalah 37 orang, ratusan luka-luka, dan ribuan korban lainnya membutuhkan bantuan tempat tinggal sementara, namun ditegaskan angka tersebut masih akan berubah.
Gempa Bumi 6,2 SR Menghancurkan Bangunan dan Perumahan di Italia (AFP)

Pemberitaan awal ================
Gempa Bumi hantam Italia bagian tengah pada hari rabu dini hari waktu setempat. Puluhan warga tertimpa reruntuhan bangunan sementara yang lain berlari ketakutan keluar rumah, bertahan di luar bersama reruntuhan bangunan.

Paling tidak enam warga telah dilaporkan sebagai korban meninggal dunia menurut laporan CNN (diperkirakan akan terus bertambah). Gempa Bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter itu terjadi pada area 10 km arah tenggara Norcia, wilayah bagian tengah Italia, pada pukul 3.36 pagi. Getaran gempa terasa hingga ke Roma ibukota Italia, dengan radius mencapai 161 km.

Sekitar sejam setelah gempa 6,2 SR tersebut, gempa susulan lain berkekuatan 5,5 SR kembali mengguncang area dekat Norcia, dan kemudian disusul beberapa gempa kecil lainnya.

Jessica Turner dari Badan Geologi AS mengatakan bahwa dengan kekuatan gempa 6,2 SR akan mungkin masih terjadi gempa-gempa susulan dalam beberapa jam kedepan, hingga mungkin beberapa hari berikutnya.

Italia sudah beberapa kali dilanda gempa bumi hebat dalam beberapa tahun terakhir. Di tahun 2012 beberapa gempa terjadi di area utara Italia, meninggalkan puluhan korban jiwa. Pada Bulan April 2009 terjadi gempa berkekuatan 6,3 SR dan memakan korban jiwa 295, juga di wilayah Italia Tengah, tidak jauh dari lokasi gempa hari rabu ini.

No comments:

Post a Comment